Training of Trainer



       TOT (training of trainer) merupakan proker tahunan HMTI yang bertujuan untuk melatih, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Acara ini diadakan pada tanggal 10 Agustus yang dilaksanakan di GSC UTM dihadiri oleh 42 trainer, yaitu mahasiswa teknik indusri angkatan 2011, 2012 dan 2013 yang memiliki amanah untuk membimbing mahasiswa baru dan mengenalkan teknik industri. Pak Kaprodi membuka acara, beliau berpesan “ seorang pemimpin harus mempunyai sifat kepemimpinan dan untuk mendapatkan itu harus mengikuti training of trainer”. 
Mentor yang melatih adalah Bapak Syukur selaku dosen PKN sekaligus TNI AL yang mempunya dedikasi tinggi dan berpengalaman dalam melatih trainners. Mahasiswa adalah agent of change, oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan akan terjadi jika dimulai dari diri sendiri, dari hal yang paling kecil dan dari sekarang. Tidak hanya itu dalam suatu organisasi kita tidak boleh saling menyalahkan, lebih baik salahkan diri saja agar keutuhan dalam organisasi bisa terjaga.
Tiga ungkapan menjadi seorang pemimpin. Pertama, bekerja dengan senang hati menandakan kita ikhlas. Kedua, kita yang mengatur waktu bukan yang diatur waktu dan yang ketiga bekerja untuk kebahagiaan orang lain, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Itulah kunci keberhasilan seorang pemimpin. Dengan mengikuti TOT tidak hanya pelajaran yang kita dapat, kita mendapatkan motovasi sehingga diharapkan bisa menjadi putra bangsa yang dapat mengharumkan nama baik dan meraih cita-cita luhur bangsa.

Pages