Study Ekskursi

Study ekskursi merupakan pembelajaran kunjungan langsung ke perusahaan. Kegiatan ini merupakan proker tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Pada periode 2014 kegiatan tersebut dilaksanakan di PT. Adiluhung  Saranasegara Indonesia (ASSI) yang terletak di Jl Ujung Piring, Bangkalan, Madura. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang pembuatan dan perbaikan kapal. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu 10 Mei 2014. Peserta yang memngikuti keggiatan tersebut yaitu seluruh mahasiswa TI UTM angkatan 2012. Dosen yang mendampingi adalah Kaprodi TI UTM Bapak Amar ST,MT dan Ibu Ida Lumintu ST., MT., Phd.


 Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak wakil direktur PT. ASSI. Seluruh peserta yang memasuki daerah berbahaya diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang berupa helm dan sepatu. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh pembimbing lapangan. Peserta digiring ke tempat pengelasan dan penempelan plat. Selanjutnya peserta dibawa ke tempat pemotongan baja. Baja dipotong menggunakan mesin CNC cutting yang sistemnya menggunakan autocad. Baja yang dipotong  dari bentuk paling sederhana sampai bentuk rumit. Setiap baja yang dipotong memiliki kode yang berbada. Hal ini digunakan agar memudahkan pada saat penempelan plat. Pembuatan kapal untuk jenis Ferry berukuran sedang memerlukan waktu 18 bulan untuk waktu normal, tetapi bisa lebih cepat dan lambat sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Pemilihan plat kapal harus memiliki lisensi sesuai dengan daerah operasi dan baja yang digunakan harus berstempel marin yang tahan terhadap korosi. Peserta dibekali pengetahuan baru seputar produksi kapal yang berhubungan dengan mata kuliah teknik industri.


Setelah itu penutupan dan penyerahan cendera mata oleh Bapak Amar kepada pihak PT.ASSI yang diwakili oleh Bapak Wakil Direktur, beliau mengatakan bahwa PT.ASSI menunggu putra-putri UTM untuk berkiprah di PT.ASSI bersama-sama mengembangkan perkapalan Madura menuju perusahaan kelautan yang berbasis Internasional.




Pages